Kamis, 22 September 2011

Komputer Generasi Keenam

Komputer generasi ke-6 ini merupakan komputer yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk komputer generasi ke-6 belum dapat dipastikan bentuknya akan seperti apa. Tapi ada beberapa gambaran yang dapat ditemukan tentang komputer generasi ke-6. Komputer generasi ke-6 menghasilkan teknologi komputer yang yang canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Selain itu para ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless komputer). Komputer masa depan ini tidak memerlukan penulisan atau pembuatan program. Dasar dari programless komputer ini adalah riset tentang mikrooptik dan input-output radio.

Komputer masa depan yang termasuk generasi ke-6 ini dapat dikatakan sebagai komputer tercepat karena bekerja dengan system vector processor, yakni adanya penggunaan beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Kecepatan super komputer ini sama dengan 1 milyar operasi per detik. Komputer generasi ke-6 selain dapat digunakan secara personal, dapat pula dimanfaatkan oleh industry-industri besar seperti melakukan perancangan pesawat terbang, peramalan cuaca, dan pengeboran minyak.

Ulasan Mengenai Arsitektur dan Organisasi Komputer Generasi Ke-6

  • Segi arsitektur Komputer
Kemunculan-kemunculan dari generasi computer pasti menghasilkan perubahan-perubahan yang signifikan mengenai arsitektur computer. Hal tersebut bisa terjadi karena arsitektur computer adalah bagian yang paling vital. Mengapa demikian? Karena kemajuan dari industry computer ditentukan oleh desain arsitektur computer. Arsitektur computer merupakan atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer seperti set instruksi, aritmatika, register, atau mekanisme I/O. Komputer generasi ke-6 menggunakan system vector processor. Sistem vector processor ini mempunyai prinsip yaitu adanya penggunaan dari beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Sebenarnya system processor seperti ini sudah mulai diterapkan oleh computer generasi ke-4 dengan processor generasi core dari Intel. Dengan kata lain computer generasi ke-6 ini adalah penyempurnaan computer generasi sebelumnya. 

Yang perlu diperhatikan disini adalah sedang dirintisnya suatu computer tanpa program (programless computer) pada computer generasi ke-6. Hal ini berdampak pada semakin mandirinya suatu computer karena dapat berjalan tanpa campur tangan dari seorang programmer. 

  • Segi organisasi Komputer:
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi computer pada computer generasi ke-6 mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hardware komputer yang mempunyai fungsi tertentu seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, maupun chasing beserta isinya tidak lagi digunakan. Fungsi-fungsi dari setiap hardware computer tersebut nantinya akan digantikan oleh sebuah perangkat yang mempunyai kemampuan istimewa. Perangkat yang mini ini nanti berisi microchip yang mempunyai kemampuan sama dengan computer, yang dapat memancarkan sinar hologram. Sinar hologram tersebut mempunyai fungsi seperti menjadi screen display dan keyboard.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar